Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea

  • Whatsapp

Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea

Cara Membuat dan Menjual NFT di OpenSea – Akhir-akhir ini penjualan NFT sedang menjadi trend di dunia maya, dengan banyaknya orang yang berjualan melalui platform OpenSea. Bagaimana cara membuat dan menjual NFT di OpenSea?

NFT, atau token non-fungible, menjadi topik diskusi setelah seorang pria bernama Ghozali Everyday mendapat untung besar dari penjualan NFT-nya. NFT sendiri adalah aset digital yang menggambarkan objek primitif seperti karya seni, musik, atau item dalam game dan video.

Sederhananya, NFT mengubah karya seni digital dan jenis koleksi lainnya menjadi sesuatu yang unik sehingga karya seni tersebut dapat diverifikasi sebagai asli dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Baca Juga: 

Akhir-akhir ini penjualan NFT sedang menjadi trend di dunia maya, banyak orang yang berjualan melalui platform OpenSea, nyatanya penjualan NFT bisa langsung memberikan keuntungan yang luar biasa.

Tertarik untuk menjual NFT di platform OpenSea? Inilah cara yang bisa sobat lakukan:

Cara Membuat Wallet (dompet)

Sebelum menjual NTF, yang palng utama yang perlu disiapkan adalah sebuah dompet/wallet yang nantinya akan menampung hasil jualan NTF berupa ETH dan lainnya.

Instal MetaMask

Pertama, sobatharus membuka situs OpenSea.io melalui browser sobat dan klik MetaMask. Kemudian pilih metode instalasi MetaMask untuk menginstal Metamask pada perangkat.

Buat dompet

Untuk menjual NFT di OpenSea, sobatperlu membuat dompet. Caranya klik create wallet lalu klik I agree

Kemudian atur kata sandi minimal 8 karakter. Kemudian centang tulisan “Saya telah membaca dan menyetujui persyaratan penggunaan” dan klik tombol “Buat“. 

Klik Berikutnya pada halaman Amankan Dompet Anda. Setelah itu, buat “Secret Recovery Phrase” dan klik “Next“, lalu masukkan frase pemulihan pilihan sobat dan klik “All Done“.

Jika sobat  sudah memiliki Wallet, buka situs OpenSea.io di browser sobat dan klik “MetaMask“. 

Soabt akan melihat jendela “MetaMask” baru, klik “Next” dan kemudian “Connect“. Jika sobat berhasil masuk ke situs OpenSea, Anda akan melihat profil bernama “Untitled“.

Cara membuat NFT di OpenSea

pilih barang

Untuk membuat NFT, klik Buat Item dan pilih item yang ingin sobatjual. Item yang dipilih dapat berupa karya seni digital, musik, foto, model 3D, atau video. 

Pilih item dengan ekstensi file JPG, PNG, GIF, SVG, MP4, WEBM, MP3, WAV, OGG, GLB, GLTF dengan ukuran maksimum 100 MB dan isi semua deskripsi yang diperlukan.

atur ETH

Hal selanjutnya yang harus disiapkan adalah cryptocurrency Etherium atau ETH. ETH digunakan sebagai mata uang untuk transaksi jual beli di OpenSea. Kemudian sambungkan ke dompet.

Bagaimana cara menjual NFT di OpenSea?

Buka halaman penjualan

Sobat harus masuk ke akun sobat, lalu klik “Profil” di sudut kanan atas dan pilih NFT atau aset digital yang ingin sobat tarik dari dompet sobat. 

Buka halaman obral, lalu pilih jenis dan harga obral, dengan menetapkan harga tetap atau lelang dan masukkan durasi obral, lalu klik “Lengkapi Listing”.

verifikasi dompet

Menjual NFT memerlukan penyelesaian transaksi untuk verifikasi dengan menginisialisasi akun penjualan dan kemudian memberikan akses item ke OpenSea selama penjualan.

Konfirmasi

Setelah menjual NFT, sobat perlu mengonfirmasi detail penjualan dan kemudian mengunggah NFT ke OpenSea. Selanjutnya, masukkan ke dalam kolom Activity. Jika proyek sobat ada di halaman ini, aset digitalnya dijual.

Nah, itulah pembahasan cara membuat dan menjual NTF di opensea? Bagaimana menurut mu sob, apakah sudah memulai menjual NTF juga seperti gozali?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.